CHYBK sekolahku

AYO SEKOLAH...!
SD XAVERIUS 1 PALEMBANG

Menjadi Sekolah Katolik terpercaya dalam layanan CHYBK  yang peduli lingkungan.

Apa itu CHYBK?

Sebagaimana Negara kita punya PANCASILA, SD Xaverius 1 Palembang juga punya panca nilai, yaitu CHYBK. Semua warga sekolah tak asing dengan istilah CHYBK, mulai dari kelas 1-6, apalagi para suster, karyawan, dan bapak ibu guru. Semua bentuk kegiatan atau aktivitas sekolah mengalir dari semangat CHYBK.

CHYBK  menjadi semangat dan aksi sekolah kami. Nah, kembali pada pertanyaan, apa itu CHYBK?  CHYBK adalah singkatan dari: CERDAS, HUMANIS, YAKIN AKAN PENYELENGGARAAN ILAHI, BERKARAKTER dan KEBERSAMAAN.

Untuk mewujudkan nilai CHYBK dilatihkan mulai dari hal yang sangat sederhana yaitu 5 S dan 4 kata bijak. Arti 5 S adalah SENYUM, SAPA, SALAM, SOPAN, SETULUS HATI. Sedangak 4 kata bijak adalah: PERMISI, TOLONG, MAAF, TERIMAKASIH. Latihan ini terlihat sederhana, namun apakah sesederhana itu dalam penerapan dan maknanya untuk putera puteri Anda?           Mari berlatih  bersama, dan temukanlah; akan butuh berapa lama seseorang punya budaya  5S dan 4 kata bijak? Yang pasti tidak bisa instan, melainkan butuh proses yang tidak singkat.

CHYBK juga masuk dalam pembelajaran khusus di setiap minggunya. Pada setiap Rabu pagi pertama, selama enampuluh menit anak-anak belajar pendidikan nilai CHYBK. Apa isi pembelajaran tersebut? Isinya antara lain: menggali kedalaman nilai-nilai CERDAS, HUMANIS, YAKIN AKAN PENYELENGGARAAN ILAHI, BERKARAKTER dan KEBERSAMAAN, plus tentang spiritualis pendiri sekolah-yayasan yang menyelenggarakan sekolah ini.

CHYBK menjadi kekhasan sekolah kami, yang pasti berbeda dari sekolah-sekolah lain. Bagaimana dengan pelajaran umum? Sekolah kami menerapkan kurikulum 2013 untuk semua kelas. Kurikulum ini sama dengan sekolah-sekolah yang pada umumnya. Meski demikian tetap ada yang beda dari sekolah kami. Di SD Xaverius 1 Palembang, menerapkan kurikulum 2013 dengan pendekatan PPR (Paradigma Pedagogi Reflektif). Nah, apa itu? Setiap warga sekolah dilatihkan dan dibiasakan untuk menggunakan pendekatan PPR dalam setiap kegiatan, misalnya: kebiasaan  berefleksi dan menuliskannya dalam buku refleksi. Menarik bukan? Belum lagi beberapa kegiatan lain yang menjadi salah satu ajang pengembangan diri di bidang non akademik seperti ekstrakurikuler pilihan yang wajib diikuti oleh setiap anak sesuai minat dan bakat masing-masing seperti: tari, seni lukis, senam inla, karate, voli, futsal, catur, ansamble, koor dan pianika.

Sekolah tak hanya mengembangkan segi kecerdasan akademik tapi juga non akademik serta kepribadian, atau lebih detailnya karakter anak. Maka diharapkan anak-anak yang sekolah di SD Xaverius 1 Palembang akan tumbuh dan berkembang secara utuh, baik dalam segi akademik, non akademik dan kepribadian; lulus sekolah dengan berkualifikasi CHYBK.

AYO…pilih sekolah yang tepat untuk putera-puteri Anda! Enam tahun bukanlah waktu yang singkat! Dalam enam tahun itulah pendidikan dasar yang sangat penting, untuk dapat melanjutkan ke  jenjang pendidikan berikutnya. Maka tentukan dengan bijak pilihan sekolah terbaik buat buah hati Anda!

Mari bergabung!!

Salam CHYBK

Comments are closed.