SUARA MERDU SD XAVERIUS 1 PALEMBANG

Proses Belajar di SD Xaverius 1 sudah memasuki semester genap. Selain belajar intrakurikuler, para peserta didik menimba ilmu dalam kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan Ekstrakurikuler yang diikuti di xavetta ada dua macam, yaitu ekskul  wajib dan  ekskul pilihan. Ekstrakurikuler wajib harus diikuti oleh semua anak SD Xaverius 1 yaitu Pramuka, sedangkan ekstrakurikuler pilihan diikuti sesuai minat peserta didik.

Paduan Suara/koor di Xavetta merupakan salah satu pilihan peserta didik di Xavetta. Kegiatan ekskul ini dilaksanakan setiap hari Jumat pukul 10.30 – 11.45 wib. Peserta ekskul Padus ini meliputi peserta didik kelas 4, 5, dan 6.

Peserta ekskul paduan suara di Xavetta tahun ini mencapai 50 anak. Ruang media menjadi tempat rutin untuk berlatih koor/paduan suara ini. “Sambil menyelam minum air”, pepatah ini sangat tepat bagi kegiatan ekskul padus di Xavetta. Selain membina dan melatih peserta didik dalam olah vocal juga sekaligus berlatih untuk menyiapkan tugas koor setiap bulan di sekolah dalam misa Jumat Pertama. Peberapa lagu pujian dan syukur sudah dikuasai peserta ekskul. Mulai semester genap ini juga sudah berani melantunkan lagu ordinarium bahasa latin.

Saat mengawali latihan pendamping ekskul paduan suara berusaha membuat kelompok anak sesuai jenis suara. Yaitu suara sopran dan alto.Sehingga saat latihan koor juga sudah sesuai dengan kelompok jenis suara tersebut. Biasanya anak-anak akan memilih suara sopran. Tetapi supaya hasil paduan suara bagus dan kompak, maka saat menyanyi memang harus sesuai dengan suaranya. Yang mampu bersuara nada tinggi diharapkan ke pilihan sopran

Kegiatan latihan menyanyi pada jam ekskul sebenarnya sudah cukup membantu dalam tugas pelayanan.   Pelayanan  baik di sekolah maupun luar sekolah. Tugas pelayanan di sekolah dari peserta ekskul Padus adalah di sekolah setiap misa Jumat pertama. Kalau tugas pelayanan di luar sekolah adalah bertugas koor di Gereja Hati Kudus atau gereja lain di Kota Palembang.

Anak Xavetta baru saja mengadakan tugas koor di Gereja St. Stefanus talang Betutu. Pada saat tugas koor ini peserta melebihi 50 anak. Bahkan anak kelas 3 pun sudah dengan bangga untuk bergabung ketika tugas. Dukungan orang tua tentu sangat membantu dalam tugas pelayanan putra-putri Xavetta. Para orang tua peserta didik juga sangat merespon kegiatan tugas pelayanan ini. Tempat yang jauh dalam bertugas bukanlah hambatan saat pelayanan. Anak peserta padus  Xavetta dimotivasi dan dibina untuk selalu siap dalam tugas menggereja.

Para derigen juga tampak mulai bermunculan. Semoga dengan semangatnya berlatih, anak Xavetta lebih optimal dalam tugas. Harapan ke depan kegiatan ekskul padus sudah bisa diikuti peserta didik kelas mulai kelas 2. Karena ketika semester genap para peserta didik kelas 6 sudah mulai mempersiapkan ujian, sehingga mereka lebih focus dalam menghadapi UN.

Andalan Xavetta dalam tugas pelayanan gereja ketika semester genap adalah peserta didik kelas 3, 4, dan 5. Boleh dibanggakan, ketika tugas di gereja St. Stefanus peserta dari kelas 3 sudah bermunculan dan penuh semangat.

Generasi penerus untuk pemazmurpun juga sudah muncul. Louisa kelas 6 sudah bisa membimbing adiknya Odilia sebagai pemazmur di Xavetta. Berkat ketekunan latihan dari peserta, Puji Tuhan tugas dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Sangat gembira bisa tergabung dalam ekskul Padus di Xavetta. Para peserta didik merasa sangat bangga bisa menyalurkan bakatnya melalui kegiatan ekskul di sekolah. Selain memupuk bakat dan minat, dalam berkegiatan para siswa akan terbina rasa kebersamaan antar teman. Kebersamaan dan rasa kekeluargaan diharap bisa terus terjalin di antara para peserat didik di Xavetta.

Tim Xavetta

Comments are closed.