TUMBUH KEMBANG DALAM KEBERAGAMAN

Anak- anak senang sekali, apalagi mereka disuruh memakai pakaian bebas serba merah/ nuasa merah. Karena Imlek identik dengan warna merah. Semua anak terlihat cantik, tampan, dan rapi.

Menjaga keberagaman adalah salah satu komitmen dari Sekolah kami, SD Xaverius 1 Palembang. Selain itu SD Xaverius 1 ingin mengajarkan anak- anak agar menghargai budaya lain dalam hal ini budaya China. Pada tanggal 28 Januari 2020  keluarga besar SD Xaverius 1 Palembang mengadakan perayaan Tahun Baru Imlek bersama. Tahun Baru Imlek merupakan salah satu momen penting bagi masyarakat Tionghoa. Bukan hanya etnis Tionghua yang mengikuti acara, tetapi semua warga sekolah SD Xaverius 1 Palembang.

Pada pagi harinya, murid-murid masuk seperti biasa yaitu, pukul 06.55. Sebelum rangkaian acara dan kegiatan dimulai, murid-murid berada di dalam kelas terlebih dahulu untuk pesta kelas bersama. Perayaan Imlek tahun ini diadakan di Gedung St. Theresia. . Semua murid berkumpul di sana Perayaan Imlek di Xavetta dibagi dalam dua tahap, yaitu tahap pertama, khusus untuk anak- anak kelas 1 sampai kelas tiga. Gelombang kedua diperuntukkan bagi anak- anak kelas 4 sampai kelas 6. Acara imlek bersama diawali dengan doa yang dipimpin oleh Sr. Clementina HK. Dan dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Sekolah Sr. Modesta HK. Acara pembukaan selanjutnya permainan musik kolintang serta lagu- lagu Imlek yang dibawakan olah kakak- kakak kelas dibawah asuhan Ibu Coleta.

Berbagai persiapan telah mereka lakukan. “Sekitar seminggu sebelum acara, kami telah memulai latihan” ungkap Monica, salah satu anggota ekstrakulikuler angklung dan kolintang. Mereka menampilkan lagu “ He Sin Nian” yang menjadi ciri khas saat Imlek.

Setelah selesai menyaksikan pementasan dari ekstrakulikuler angklung dan kolintang, ada pementasan lagu dari kelas-kelas yang telah dipilih. Kelas yang dipilih adalah kelas 4 dan 5. Berbagai persiapan telah mereka lakukan. Salah satunya latihan bersama setiap harinya.

Ibu Magda dan Ibu Fedin sebagai pembawa acara menambah semarak acara Imlek untuk anak- anak. Acara Imlek dimeriahkan dengan penampilan dari anak- anak yang mewakili teman- teman di kelas dengan menyanyikan beberapa lagu Imlek. Meriah sekali.

Selain bergembira, bernyanyi bersama, berfoto bersama. Tidak lengkap rasanya jika acara Imlek tidak ada acara bagi-bagi angpao. Maka, SD Xaverius 1 ikut membagikan angpao sesuai tradisi Imlek. Setiap murid mendapat sebuah angpao yang diberikan oleh wali kelas masing-masing. Acara pembagian angpao merupakan acara terakhir pada hari tersebut.

Wah gembira sekali anak- anak mendapatkan angpao. Selain baju berwarna merah, pembagian angpao juga merupakan identik dengan Imlek.

Setelah acara perayaan Tahun Baru China itu selesai, anak-anak didampingi para guru pun kembali masuk ke kelas masing- masing. Di kelas acara Imlek dilanjutkan dengan menonton film tema Imlek dan menyenyi bersama. Untuk kelas 1 mereka mengs acara dengan mewarnai gambar.  

Terima kasih keluarga besar SD Xaverius 1 Palembang. Terima kasih untuk semua wali kelas dan anak- anak yang telah mempersiapkan acara. Saya, Ibu Christin, mama dai Axel Mateo, siswa kelas 1 C , saya selaku orang tua murid merasa bahagia dan bangga sudah menyekolahkan anak saya di sini. Karena memiliki rasa toleransi yang tinggi bagi kami dan anak- anak.

Harapan pada perayaan Imlek semoa SD Xaverius 1 semakin berkembang maju, berprestasi dan berusaha untuk mencapai yang terbaik . Bagi para siswa semoa tumbuh sebagai pribadi anak- anak yang akan terus semangat untuk mencapai cita- cita dan berjuang untuk mewujudkannya.

Tim Xavetta

Comments are closed.